Simak Dan Ketahui! Langkah Atau Cara Merawat Motor Manual Dengan Baik

1 min read

cara merawat motor Manual

Ada banyak kendaraan motor yang wajib Anda rawat dengan baik. Salah satunya adalah motor manual. Dengan menerapkan beberapa cara merawat motor manual. Maka, motor yang Anda miliki akan lebih tahan lama atau awet.

Ketahui! Beberapa Cara Merawat Motor Manual Dengan Benar Dan Baik

Namun, pastinya ada beberapa orang di kalangan masyarakat yang tidak peduli dengan motornya. Sehingga, tidak mengetahui beberapa cara rawat motor yang wajib mereka lakukan. Berikut ini menjadi beberapa cara merawat motor dengan baik yang patut di ketahui.

Rutin dalam memanaskan motor

Langkah pertama maupun cara merawat motor manual peryama yang patut Anda ketahui serta simak antara lain adalah rutin dalam memanaskan motor. Anda harus tahu bahwa untuk memanaskan motor yang masih menggunakan karburator serta motor injeksi terletak beberapa perbedaan.

READ  Ketahui 4 Tips Mengetahui Oli Palsu, Sebelum Mesin Kendaraan Rusak!

Salah satu perbedaannya adalah waktu memanaskan motor. Memanaskan motor harus dilakukan. Agar mesin dalam motor tidak mengalami kerusakan atau penurunan kualitas.

Maka, Anda harus memanaskan motor manual perharinya minimal 5 sampai 10 menit. Memanaskan motor harus di lakukan sebelum Anda gunakan untuk berpergian. Langkah atau cara merawat motor manual ini dilakukan dengan tujuan agar oli mesin dapat naik.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan langkah atau cara yang satu ini Anda juga akan dapat meraih fungsi dari melakukan cara ini. Manfaat yang akan Anda dapatkan dari memanaskan motor yang patut Anda ketahui antara lain sebagai pelumas semua bagian mesin yang ada pada motor sebelum semuo komponen saling bergesekan kasar.

Ganti oli secara rutin

Ganti oli secara rutin menjadi langkah lainnya atau cara merawat motor manual lainnya yang patut Anda ketahui. Ada banyak hal yang perlu di ganti oleh seseorang dalam melakukan perawatan motor. Salah satu hal penting yang harus rutin di ganti antara lain adalah oli.

READ  Beberapa Cara Merawat Interior Mobil yang Bisa Kamu Lakukan

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus tahu bahwa oli menjadi perawatan mesin yang paling utama. Hal ini dikarenakan oli akan melindungi mesin dari gesekan yang terjadi. Penggantian oli biasanya di ganti dengan penyesuaian jarak tempuh seseorang dengan motornya.

Semakin sering Anda menggunakan motor manual Anda. Maka, Anda harus mengganti oli busa kurang dari 3 bulan saja terbilang cukup cepat. Ketika oli sudah encer. Maka, cara merawat motor manual yang satu ini harus dilakukan. Kami informasikan agar Anda tidak mengganti oli dengan oli bekas atau oli palsu.

Hal ini di karenakan mengganti oli dengan oli palsu. Maka, kualitas mesin dari motor manual akan menurun. Akan lebih baik jika Anda mengganti oli di bengkel resmi terdekat. Oli yang kualitasnya sudah terbilang buruk harus Anda ganti. Hal ini di karenakan jika oli tersebut tidak di ganti. Maka, akan muncung asap hitam dan bau terbakar.

READ  Isu Peliknya Kenaikan Harga Bbm Memberatkan Rakyat Kecil

Mengecek kualitas busi

Tips terakhir maupun cara merawat motor terang yang dapat Anda lakukan serta ketahui antara lain adalah mengecek kualitas busi. Busi terbilang berperang sangat penting dalam mesin motor.

Hal ini di karenakan busi yang memiliki kualitas yang telah menurun biasanya akan membuat motor manual Anda susah di nyalakan. Ciri busi yang telah rusak akan berwarna hitam. Sedangkan, ciri busi yang masih Bagus adalah berwarna coklat.

Hal tersebut menjadi beberapa langkah maupun beberapa cara merawat motor manual yang harus Anda lakukan agar motor yang Anda rawat terawat dengan baik.