Tips Memilih Montessori Edu-toys Anak Usia 5 Tahun

1 min read

montessori edu-toys

Montessori adalah metode pendidikan anak yang orang tua wajib tahu. Dalam praktiknya, Anda membutuhkan media penunjang yaitu montessori edu-toys. Jika Anda tengah mempersiapkan pendidikan anak usia 5 tahun di rumah, simak ulasan berikut situs slot anti rungkat 2023.

Montessori Edu-toys itu Apa?

Meningkatkan gaya mendidik dan membesarkan anak di rumah tidaklah sulit. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan metode montessori.

Dimana aktivitasnya menitikberatkan pada kesadaran diri seorang anak dan eksperiensial. Anak akan belajar dengan montessori edu-toys yang kolaboratif.

Mainan edukatif montessori adalah alat yang digunakan untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Anda melatih kecerdasan anak dengan cara yang menyenangkan dan disukai.

Tips Memilih Montessori Edu-toys

Tidak semua jenis mainan termasuk dalam montessori edu-toys. Nah, berikut tips memilih mainan edukasi untuk anak usia 5 tahun.

READ  Bagaimana Cara Memilih Pendidikan Anak Usia Dini yang Tepat

Pilih Sesuai Kebutuhan Pendidikan

Potensi dan perkembangan anak dapat distimulasi dengan mainan yang tepat. Terdapat sejumlah mainan dengan karakteristik berbeda untuk anak.

Jenis montessori edu-toys tersebut yakni board game, mainan angka/huruf, puzzle, dan block brick. Flash card dan block huruf dan angka membantu anak memahami simbol.

Umumnya sejak usia 4 tahun anak mulao tertarik dengan angka dan huruf. Bahkan anak yang mempunyai kecepatan belajar tinggi, bisa berhitung sampai angka 100 pada usia 4 – 5 tahun.

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak pula perbendaharaan kata anak. Kemampuan berekspresi melalui kata-kata juga meningkat. Dengan demikian Anda mendapatkan dua manfaat dari penggunaan montessori edu-toys.

Kemudian Anda bisa melatih kemampuan bekerjasama dan dan komunikasi anak dengan board game. Lima tahun adalah usia perkembangan kemampuan kolaborasi dan interaksi anak dengan temannya.

Anda bisa memilih montessori edu toys berupa board game, mainan kartu, dan lain-lain. Biarkan anak bermain bersama temannya atau dengan Anda.

READ  Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa

Dengan bermain bersama teman, anak menjadi belajar mengikuti peraturan dan dinamika relasi. Selain itu, si kecil dapat belajar tentang mengelola perasaan saat kalah atau menang.

Montessori edu toys ini juga memberikan kesempatan anak untuk melatih dua kemampuan sekaligus. Saat anak memikirkan strategi permainan, kemampuan logical thinking dan problem solvingnya meningkat.

Melatih kreativitas dan imajinasi anak dengan block brick. Anak usia 5 tahun sudah mulai bisa melakukan beberapa aktivitas sendirian.

Maka, montessori edu-toys ini menjadi rekomendasi yang tepat. Dimana anak mengembangkan imajinasi dan kreativitas saat membuat bentuk-bentuk tertentu dengan block.

Pilihlah mainan dengan mekanisme sederhana untuk memudahkan anak. Jenis ini dapat di mainkan dengan banyak cara.

Biarkan anak bebas memainkan sesuai pola pikirnya. Dengan demikian si kecil tidak akan cepat bosan dan senang dengan montessori edu toys.

Kemudian kenalkan anak dengan logika dan ruang melalui mainan puzzle. Untuk belajar ukuran dan bentuk, Anda sudah bisa mengajarkannya sebelum usia 5 tahun. Sehingga di usia 5 – 6 tahun, pengetahuan anak tentang ruang dan bentuk lebih kuat.

READ  Beginilah Cara Menjadi Guru Profesional di Era Modern

Anda bisa memilih montessori edu-toys puzzle siluet contohnya puzzle 3D. Saat mengisi ruang yang kosong, maka si kecil tengah belajar memilih bentuk mana yang sesuai.

Pertimbangkan Tingkat Keamanan Mainan

Setiap produk mainan di buat dengan target usia tertentu. Anda harus memastikannya pada label rekomendasi usia.

Label montessori edu-toys tersebut tidak hanya menunjukkan tingkat kesulitannya. Namun juga standar keamanan untuk dimainkan oleh anak usia tertentu. Pilihlah mainan dengan material BPA free, sehingga aman untuk di pegang bahkan di jilat si kecil.

Demikian tips memilih Montessori Edutoys untuk anak. Dukung perkembangan anak dengan memilih mainan edukasi yang tepat.