Belum Bisa Komputer? Begini Cara Mudah Belajar Ilmu Komputer Secara Otodidak

1 min read

belajar Ilmu komputer secara otodidak

Komputer menjadi salah satu alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan. Meski kini ada pelajarannya, tapi ternyata tidak masih ada yang tidak bisa menggunakannya. Tenang saja karena ada cara mudah, kok, untuk belajar ilmu komputer secara otodidak.

Mayoritas yang belum familiar dengan komputer adalah kalangan dewasa hingga paruh baya. Maka dari itu, untuk mengikuti zaman yang serba otomatis, sebaiknya mengetahui dasar-dasarnya dulu. Nah, dasar di mana semua terdigitalisasi adalah ilmu komputer.

Untuk mempelajari ilmu komputer sendiri sebenarnya dapat dilakukan secara mandiri. Namun, terkadang untuk belajar otodidak, Anda tidak tahu harus memulai dari mana, ‘kan? Nah, ini ada tips mudah belajar ilmu komputer secara otodidak.

Tips mudah belajar ilmu komputer secara otodidak

  1. Bulatkan niat dan tekad

Semua berawal dari niat, begitulah yang sering didengar, ‘kan? Hal itu bukan hanya kutipan karena tanpa niat pasti sulit untuk mempelajarinya. Oleh sebab itu, yang paling pertama adalah adanya niat untuk belajar komputer.

READ  Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa

Tidak hanya itu, Anda harus punya tekad yang kuat untuk terus belajar. Sebab, banyak tantangan untuk belajar otodidak. Jadi, agar tidak mudah menyerah dan putus asa untuk belajar ilmu komputer secara otodidak, ya.

  • Cari referensi

Untuk melakukan mempelajari ilmu komputer tanpa pembimbing, tentu diperlukan referensi. Referensi ini bisa berupa panduan maupun dasar-dasar ilmu komputer. Anda bisa mencarinya di buku-buku yang berada di toko buku atau perpustakaan.

Bagi Anda yang dapat menggunakan internet di smartphone, tentu lebih mudah. Sebab, Anda dapat mencari referensi di internet pula, baik berupa teks maupun video. Belajar ilmu komputer otodidak juga tidak sulit, ‘kan?

Langkah Selanjutnya Belajar Ilmu Komputer

  • Miliki perangkat komputer
READ  The Power of Emak-emak Kembali Viral Karena Berhasil Bubarkan Tawuran Pelajar di Tebet

Belajar ilmu komputer tanpa adanya perangkat komputer itu tidak efektif. Ada baiknya, Anda juga memiliki perangkat komputer, seperti PC atau laptop, ya. Itu karena ilmu komputer bukan hanya pengetahuan teori saja, tapi lebih baik ada praktiknya juga.

  • Praktikkan langsung

Meski belajar ilmu komputer otodidak, tapi Anda juga perlu mempraktekkannya. Maka dari itu, ilmu komputer yang didapatkan, coba langsung diterapkan di komputer Anda. Hal ini karena ilmu komputer tidak berguna kalau hanya teori saja, tanpa praktik.

  • Tidak perlu takut salah

Tidak ada yang sekali belajar langsung mahir maka salah itu wajar. Namun, perlu di ingat, jangan karena takut salah, jadi Anda tidak mempraktikkannya. Percaya dirilah dan jika salah, Anda dapat mencobanya lagi dan lagi.

  • Terus mengulang dan jangan bosan

Belajar ilmu komputer secara otodidak harus mau terus mengulang dan mempraktikkannya. Hal ini tentu agar Anda dapat mengingatnya dan terbiasa dengan komputer. Oleh karena itu, jangan bosan jika harus terus mengulangnya dan menyerah begitu saja, ya.

  • Terus perluas pengetahuan
READ  Kirim Bunga Spesial, Jangan Sampai Salah Pilih, Karena Ada...

Jika sudah mampu mengoperasikan komputer, tentu bisa ke tahap selanjutnya. Anda dapar memperluas pengetahuan dengan belajar bagian-bagian komputer. Bagian ini bisa berupa komponen, sistem operasi, software, dan lain sebagainya.

  • Belajar dari game

Siapa bilang kalau game hanya untuk ajak hiburan dan bermain saja. Ternyata, ada, lho, game yang membantu Anda mengimplementasikan ilmu komputer. Jadi, belajar ilmu komputer otodidak bisa melalui game yang masih berkaitan, ya.

Itulah tips dan cara mudah belajar ilmu komputer secara otodidak. Sebenarnya, ilmu komputer itu luas maka sebaiknya belajarlah secara bertahap. Jangan terburu-buru untuk menikmati hasilnya dan nikmati prosesnya saja.