Apa itu Teknologi Pendidikan? Simak dalam Pembahasan berikut ini!

1 min read

apa itu Teknologi Pendidikan

“Teknologi Pendidikan” banyak yang bertanya mengenai apa itu Teknologi Pendidikan? Maka dari itu saya di sini akan membahas mengenai pertanyaan yang sering kita dengar tersebut. Teknologi pendidikan sendiri adalah sebuah penjurusan untuk jenjang perkuliahan yang mempelajari tentang cara pemanfaatan teknologi untuk pendidikan.

Jika didefinisikan, teknologi pendidikan sendiri adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara memanfaatkan hal-hal seperti piranti keras dan lunak dari komputer dan di gabungkan dengan teori pendidikan maupun praktik untuk memfasilitasi pendidikan serta meningkatkan kualitas pembelajaran kedepannya.

Tak hanya sampai di sini saja informasi untuk mengetahui apa itu Teknologi Pendidikan. Tanpa kalian sadari perkembangan teknologi pada sistem sebenarnya telah kita rasakan. Apakah kalian masih mengingat waktu di sekolah dasar, saat itu pembelajaran di lakukan dengan papan tulis yang di tulis menggunakan kapur.

Baca Juga : Paus Terdampar Di Pacitan

Namun semakin ke sini perkembangan zaman semakin maju dan papan tulis di sekilah-sekolah pun berubah menjadi papan tulis berwarna putih yang di tulis menggunakan spidol hitam. Tak berhenti sampai di situ, perkembangan zaman terus berlanjut hingga kini sistem pembelajaran sudah banyak yang menggunakan peralatan digital.

READ  Perbedaan Laptop dengan Notebook yang Perlu Diketahui

Dari yang dulunya pelajaran menggunakan papan tulis kapur yang akan mengotori lantai waktu di hapus. Hingga kini pembelajaran sudah banyak yang menggunakan peralatan digital seperti layar proyektor, google meet, zoom, dan sebagainya. Hal tersebut juga merupakan pengaruh dari teknologi yang terus berkembang.

Karena sejatinya jawaban dari apa itu  teknologi pendidikan adalah sebuah penjurusan dalam jenjang kuliah. maka apa saja sih yang di pelajari saat mengambil jurusan yang satu ini? Nah, selanjutnya kita akan membahas bersama tentang apa saja yang di pelajari di jurusan teknologi pendidikan sebagai berikut ini.

Apa Saja yang Dipelajari Jurusan Teknologi Pendidikan?

Untuk mengetahui apa saja pelajaran yang di terima pada jurusan yang satu ini. Maka kita bisa menyimpulkan sendiri dari melihat mata kuliahnya. Beberapa mata kuliah yang di pelajari yaitu teori pemikiran sistem, manajemen sistem pelatihan, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi komunikasi, dasar animasi, pengembangan 3 dimensi,

READ  Alat Telekomunikasi Modern yang Mudah Dimanfaatkan

Pengembangan media grafis, aplikasi teknologi pengembangan media foto dan audio, pengembangan multimedia, dan masih banyak jenis lainya. Dengan memilih jurusan teknologi pendidik, maka semua mata kuliah yang memberikan ilmu dan skill menarik tersebut bisa kita pelajari.

Prospek Kerja yang Sangat Luas dan Tak Terbatas

Meski awalnya tujuannya menggunakan teknologi untuk terus mengembangkan sistem pendidikan. Namun dengan segala mata kuliah di atas yang dapat menghasilkan skill menarik yang bisa di pelajari. Maka bisa di bayangkan sendiri seberapa cerahnya prospek kedepan untuk jurusan yang satu ini.

Kalian bisa bekerja di bidang industri media baik fotografi ataupun Vidiografi, bagian editing, bahkan industri seperti televisi, dll akan terbuka untuk jurusan teknologipendidikan ini. Tak hanya itu, lulusan ini juga bisa bergabung dengan berbagai start up atau mendirikan start up sendiri di bidang pendidikan.

READ  Ketahui 5 Perbedaan Pendidikan Formal dan Nonformal

Bagaimana? Sungguh menarik bukan prospek kerja dari jurusan teknologi yang satu ini, dengan berbagai mata kuliah dan skill-skill penting yang kalian pelajari pastinya akan mudah untuk kalian mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang di inginkan. Namun tentu saja untuk masalah tersebut tetap tergantung dengan individu masing-masing

Cukup sampai di sini saja pembahasan kali ini mengenai apa itu teknologi pendidikan, semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dari saya, terimakasih.

Baca Juga : The Power Of Emak – Emak